Syarat dan Ketentuan

1. Apa itu WatZap?

WatZap adalah sebuah aplikasi berbasis web yang akan membantu Anda dalam menjalankan WhatsApp marketing dari bisnis Anda.

Dengan menyetujui kebijakan penggunaan WatZap, berarti Anda setuju dengan semua hal-hal di bawah ini.

Jika Anda tidak setuju dengan hal-hal di bawah ini, Anda berhak untuk berhenti (dan/atau) tidak menggunakan WatZap sebagai aplikasi WhatsApp marketing Anda.

WatZap berhak untuk menolak permintaan langganan Anda dengan atau tanpa alasan apapun jika menurut pihak WatZap Anda menyalahi peraturan yang berlaku atau membahayakan pihak lain didalam dan diluar aplikasi WatZap.

2. Jasa

Umum

WatZap akan menyediakan fitur-fitur sebagai berikut:

  • Akses ke aplikasi berbasis web dengan fitur mengelola dan menampung list kontak Anda.
  • Kemampuan untuk mengirimkan pesan ke ratusan bahkan ribuan kontak WhatsApp Anda sesuai paket yang Anda pesan.
  • Fitur canggih untuk mendukung aktivitas WhatsApp marketing Anda.
  • Dukungan pelanggan.
  • Forum dan Belajar bersama WatZap.

Akun

Untuk menggunakan fitur-fitur tersebut, Anda akan mendapatkan akun untuk menggunakan WatZap. Akun akan bisa digunakan oleh siapa saja yang memilik informasi login akun Anda.

Akun yang Anda daftarkan adalah akun yang akan Anda gunakan untuk mengirimkan broadcast kepada pelanggan atau kontak list Anda. Pastikan terlebih dahulu sebelum Anda melakukan pendaftaran sehingga tidak melakukan perubahan email.

Anda memiliki tanggung jawab untuk menjaga akses akun WatZap Anda. Dan Anda juga bertanggung jawab atas semua kegiatan akun Anda termasuk penggunaan lebih dari satu orang penggunaan.

3. Seleksi Pengguna

Untuk menjaga lingkungan pemakaian yang baik di WatZap, maka dari itu WatZap memberlakukan proses seleksi user.

  • Proses seleksi user diberlakukan untuk pengguna pertama WatZap setelah melakukan pembayaran dan konfirmasi.
  • Seleksi user berarti tidak semua user paket berlangganan bisa menggunakan WatZap.
  • Ada beberapa kriteria interal WatZap menentukan seorang bisa menjadi pengguna WatZap.
  • Hasil seleksi user ada dua, yaitu diterima dan ditolak.
  • Jika user dinyatakan diterima, maka user tersebut bisa menggunakan seluruh fitur WatZap.
  • Jika user dinyatakan ditolak, maka user tersebut belum bisa menggunakan WatZap, dan tentunya pembayaran yang telah dilakukan user akan dikembalikan dalam waktu 2×24 jam.

4. Penggunaan

Setelah Anda menyelesaikan pembayaran dan sudah diterima, maka akun Anda akan akfif. Dengan begitu Anda setuju dengan:

4.1 Penggunaan Umum

  • Membaca Syarat & Ketentuan WatZap ini dengan baik.
  • Menggunakan jasa WatZap yang hanya berhubungan langsung dengan bisnis Anda.
  • Menjaga kerahasiaan akses akun WatZap Anda.
  • Wajib memiliki kontak nomor WhatsApp sendiri yang didapatkan secara sadar & legal.
  • Menerima informasi komersial mengenai produk dan jasa dari WatZap.
  • Anda tidak bisa mengganti jenis paket berlangganan Anda jika salah satu fitur sudah melewati limit dari paket di bawahnya.
  • Pastikan email yang Anda daftarkan sebagai akun WatZap adalah gmail atau email yang aktif dan selalu Anda gunakan.

4.2 Penggunaan Aplikasi

  • Anda hanya diperbolehkan untuk mengirimkan sesuatu yang memiliki hak penuh untuk digunakan dan publikasikan di Internet.
  • Anda hanya diperbolehkan untuk mengimport database kontak yang telah mendapatkan izin dari pemilik kontak tersebut.
  • Anda hanya diperbolehkan untuk mengimport database nomor aktif paling tidak 1 tahun dari hari terakhir Anda broadcast.
  • Pastikan Anda sudah memvalidasi database nomor WhatsApp Anda sebelum mencoba untuk mengimport ke dalam akun WatZap.
  • Ketika kami temukan ada kejanggalan data, maka proses import bisa dihentikan tiba-tiba oleh sistem kami bahkan akun Anda ada kemungkinan tersuspend tanpa ada proses refund / pengembalian dana.
  • Anda sangat disarankan untuk menggunakan nomor WhatsApp Business yang sudah aktif digunakan minimal 30 hari.
  • Anda tidak diperkenankan untuk membuat akun di WatZap menggunakan temporary email (seperti 10 minutes email).
  • Ketika menggunakan fitur Group Contacts Grabber, disarankan untuk memilih grup-grup yang HANYA ingin Anda import. Jangan buat broadcast yang dikirim ke semua grup. Karena hal ini akan menyebabkan banned akun WhatsApp.
  • Satu nomor WhatsApp disarankan tidak mengirim lebih dari 100 pesan broadcast dalam 12 jam.
  • Jika Anda ingin mengirim lebih dari 100 pesan dalam 1 hari, silahkan gunakan nomor pengirim tambahan.
  • Anda hanya diperbolehkan menggunakan nomor sender / pengirim yang memenuhi kriteria WatZap seperti berikut:
    • Pastikan nomor sudah memiliki nama, contoh: Kopi Kenangan
    • Nomor sender sudah ada fotonya, contoh: Pakai logo bisnis Anda
    • Sertakan salam pembuka, contoh: “Siang kak, Aku Rika dari Toyota Sunter”.
    • Sebisa mungkin jangan langsung kirim promosi di broadcast pertama Anda.
  • Anda dilarang menyamar, mengaku, atau memalsukan identitas sebagai pihak/lembaga lain.
  • Anda dilarang mengklaim memiliki afiliasi dengan pihak lain tanpa memiliki dokumen pendukung resmi.

4.3 WatZap melarang pengguna melakukan import database yang ilegal.

WatZap menganggap database illegal dengan kriteria seperti ini:

  • Nomor WhatsApp yang tertulis di sosial media.
  • Nomor WhatsApp yang tertulis di website/blog seseorang.
  • Nomor WhatsApp yang diberikan dari pihak lain, bukan oleh pemilik nomor aslinya.

4.4 Pembersihan Database Secara Otomatis

  • WatZap akan melakukan pembersihan database pengguna secara otomatis setiap bulan tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  • Pembersihan database adalah pembersihan nomor WhatsApp yang dimiliki oleh pengguna tetapi tidak pernah berinteraksi dengan pengguna, seperti membuka broadcast. Maka dari itu, WatZap akan menghapus database seperti ini dalam waktu kurun waktu tertentu.

4.5 Masa Berakhir Keanggotaan WatZap.id

  • Kami akan mengirimkan Email & WhatsApp reminder yang bertujuan untuk mengingatkan Anda bahwa masa aktif akun Anda di WatZap.id akan segera berakhir.
  • Email & WhatsApp reminder yang dikirim mulai dari:
    • 7 hari sebelum berakhir.
    • 3 hari sebelum berakhir.
  • Jika dalam waktu 2 bulan akun Anda tetap dalam keadaan tidak aktif maka sistem kami akan secara otomatis menghapus semua data yang ada pada akun Anda, termasuk database nomor dan semua data lainnya.

5. Pembayaran, Refund & Ganti Paket

5.1 Pembayaran

  • Anda berkewajiban untuk melakukan pembayaran sesuai dengan waktu dan jumlah yang ditentukan. WatZap menawarkan paket berlangganan per-semester dan per-tahun.
  • Invoice atau tagihan untuk perpanjangan akan tergenerate otomatis ketika sudah mendekati masa expired Anda.
  • WatZap berhak untuk mengubah harga kapan saja.

5.2 Refund / Pengembalian Dana

  • WatZap adalah aplikasi pihak ketiga, yang dimana dalam penggunaannya (fitur Broadcast) masih terdapat resiko banned oleh pihak WhatsApp. Segala permintaan refund yang diakibatkan dari banned WhatsApp, maka permintaan tersebut tidak berlaku.
  • Dengan membeli (atau) menggunakan WatZap, berarti Anda paham bahwa tidak ada proses refund / pengambalian dana.
  • WatZap tidak menjamin semua fitur yang kami sediakan akan terus berjalan normal selamanya. Jika suatu hari ada fitur yang tidak berjalan, maka Anda harus paham bahwa proses pengembalian dana tidak bisa dilakukan pada situasi ini.
  • Jika ada nomor WhatsApp Anda yang di-banned oleh pihak WhatsApp dikarenakan menggunakan aplikasi WatZap, proses pengembalian dana tidak bisa dilakukan pada situasi ini.

5.3 Pergantian Paket

Jika pada saat penggunaan Anda melebihi jumlah kuota paket yang Anda gunakan, kebijakannya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, Anda bisa melakukan upgrade paket dengan membayar selisih harga dari paket langganan Anda sekarang dengan masa aktif yang tidak berubah.
  • Kedua, Anda bisa melakukan upgrade paket dengan membayar penuh dari paket langganan yang Anda pilih dengan masa aktif dimulai dari tanggal masa aktif sebelumnya berakhir.

6. Kegiatan dan Konten Larangan

Dalam menggunakan WatZap ada batasan penggunaan dan konten Anda, yaitu:

  • Anda dilarang mengirimkan broadcast mengatasnamakan perusahaan lain tanpa ijin.
  • Anda dilarang untuk melakukan aktivitas spamming. Jika ada banyak nomor Anda yang di-banned oleh pihak WhatsApp, akun Anda akan ditutup tanpa pemberitahuan dari pihak WatZap terlebih dahulu.
  • Anda dilarang untuk memindahtangankan kepemilikan akun WatZap kepada orang lain dengan alasan apapun.
  • Anda dilarang untuk menambahkan kontak nomor yang belum memiliki ijin dari si pemilik nomor.
  • Anda dilarang untuk berlangganan dibawah jumlah database nomor yang Anda miliki dan mencurangi sistem dengan mengimport dan mengirim broadcast kepada kontak kemudian Anda menghapus semua kontak dan mengimport nomor yang berbeda lagi.
  • Anda dilarang untuk membagikan materi pembelajaran dan pelatihan WatZap kepada siapapun dan dimanapun tanpa seizin pihak WatZap.
  • Anda dilarang mengirimkan konten yang menyinggung SARA.
  • Anda dilarang mengirimkan konten berupa produk asuransi dalam bentuk apapun.
  • Anda dilarang mengirimkan konten berupa jual beli uang crypto, blockchain dalam bentuk apapun.
  • Anda dilarang mengirimkan konten berupa kredit perbankan dalam bentuk apapun.
  • Anda dilarang mengirimkan konten berupa saham dan atau trading dalam bentuk dan jenis apapun.
  • Anda dilarang mengirimkan konten yang berbau judi dan penipuan atau aktivitas scamming dalam bentuk apapun.
  • Anda dilarang mengirimkan konten yang berbau scrapping atau aktivitas pengambilan data tanpa seizin pemilik data.
  • Anda dilarang mengirimkan konten yang berbau ancaman atau kekerasan.
  • Anda dilarang mengirimkan konten dewasa atau berbau pornografi.
  • Anda dilarang mengirimkan konten yang bermuatan kegiatan moneygame
  • Anda dilarang mengirimkan konten berupa produk minuman keras dalam jenis apapun.
  • Anda dilarang mengirimkan konten berupa produk obat-obatan atau sesuatu yang menstimulus kenikmatan seperti ganja atau sejenisnya.
  • dan konten-konten yang tidak sejalan dengan agama dan moral serta yang melanggar hukum yang berlaku di Indonesia atau Negara tempat Anda tinggal.
  • Segala dampak negatif akibat dari aktivitas yang Anda lakukan di akun WatZap adalah tanggungjawab Anda.

7. Kebijakan Konten

  • Pihak WatZap berhak melihat isi konten broadcast yang dikirimkan oleh pengguna saat dibutuhkan tanpa seijin pengguna. Contohnya: Saat investigasi SPAM.
  • Pihak WatZap berhak menggunakan isi konten broadcast yang dikirimkan oleh pengguna untuk kepentingan komersial tanpa seijin pengguna. Contoh: Screenshot hasil broadcast pengguna untuk materi pembelajaran.

8. Pelayanan Pelanggan

  • WatZap memberikan Anda layanan pelanggan berupa Live Chat WhatsApp, Grup Facebook & Telegram bagi member aktif.
  • Pelayanan pelanggan WatZap terkait komplain dan pelayanan lainya dilaksanakan pada jam kerja yaitu pukul 09.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB

9. Penutupan Akun

Anda bisa meminta WatZap untuk menutup akun Anda dan sebelumnya pastikan bahwa semua data Anda sudah Anda simpan dan tidak ada yang tertinggal lagi di platform WatZap.

Selain itu, jika Anda tidak melakukan pembayaran pada waktu masa aktif Anda habis, Anda tidak akan bisa mengakses akun WatZap Anda.

Pastikan Anda tahu kapan masa berlaku Anda habis dan lakukan penyimpanan berkala. Jika masa berlaku Anda habis, data Anda akan hilang.

10. Privasi

Semua data yang Anda masukkan ke WatZap menjadi tanggung jawab WatZap untuk menjaganya. WatZap tidak akan menjual data Anda kepada siapapun.

WatZap berusaha sekuat mungkin menjaga data Anda agar aman, namun WatZap tidak menjamin data Anda. Tidak ada sistem keamanan yang tidak bisa ditembus.

Silakan lakukan backup data Anda secara berkala.

Pelanggaran terhadap kebijakan penggunaan bisa mengakibatkan penutupan akun Anda tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Kebijakan ini bisa berubah kapan saja tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.